Selasa, 05 Agustus 2008

Ibadah Umroh - Nikmat yang Tiada Tara

Pagi pagi ada Teman kecil mungil yang mampir ke ruangan ku, senang sekali denger dia baca blog ku, bahkan dia ingin sekali pergi menunaikan ibadah ke Tanah Suci... senang bisa menggugah teman, sahabat, saudara untuk berkunjung ke Baitullah.. (Do`a ku di depan Multazam, agar teman2ku, sahabat & kerabat bisa mengunjungi Baitullah juga..)

Ibadah Umroh, Nikmatnya tiada banding, apalagi syukur Alhamdulillah kalo Haji mungkin lebih nikmat lagi kali ya.... 9 hari waktu yang singkat, belum puas rasanya memandang Ka`bah ( Memandang saja kita dapat pahala lho.. asyik ya.. dosa2 kita bisa terhapuskan dgn memandang ka`bah saja.. subhanallah), tapi banyak sekali nikmat & karunia yang di dapat, keajaiban, keagungan Allah bisa kita lihat di sana...
dan jangan sekali2 meragukan NYA... Apalagi mencoba2 NYA... Bener nggak sih kejadian2 itu...

Menjelang sholat Ashar di Masjidil Haram, saya melihat 2 jemaah India / Pakistan sedang kebingungan mencari jalan keluar dari Masjidil Haram, padahal pintu di masjidil Haram banyak sekali, lebih dari 25 pintu.. tapi kenapa 2 jemaah itu tidak menemukan 1 pintu pun !!.
Saya terus memandang & melihat, 2 jemaah itu bertanya ke sana kemari... & benar memang di tunjukkan, itu pintunya.. itu pintunya... tetapi mengapa selalu buntu ya....
Tanpa sengaja saya melihat, ternyata ke 2 jemaah itu memakai sandal. Ya Allah, padahal jelas2 ini tempat suci, mengapa dia memakai sandal.. sedangkan jemaah lain tidak, semua suci hanya berkaos kaki... Sampai akhirnya menjelang Magrib, baru dia menemukan pintu keluar, setelah dia melepaskan sandal kaki tersebut..
Itu hanya kesalahan2 kecil... apalagi kita melakukan kesalahan yang besar ya...
Di Bayar Kontan di sana.

Masih cerita lagi,
kebetulan rombongan umroh saya, ada 2 jemaah yang sudah lanjut, berusia 70 tahun an, krn saya juga sendirian, saya dampingi ke 2 ibu itu dengan ikhlas... (padahal saya orangnya selalu gak sabaran... tapi kok bisa, di sana bisa sabar menghadapi nenek2 ).
Di depan Ka`bah kami bertiga berdo`a.. khusyuk... bermunajat kepada Allah, memohon ampunan atas dosa yang pernah saya lakukan... Memohon di beri oleh NYA kemudahan di dunia & Akherat...

Saya berada diantara ke 2 ibu tadi, saya di tengah, entah kenapa, ibu yang di kiri saya (Ibu N) selalu kena masalah, di tendang orang, kepala terinjak2 orang, di marah2in askar.. selalu hilang kalo berbarengan thawaf & Sa`i.. heran saya... kok ilang terus...??
Sedangkan yang ibu yang 1 nya lagi (Ibu T), Subhanallah.. dicium & disayang orang, beberapa kali mencari shaf utk sholat selalu di kasih kemudahaan (Di masjidil Haram, mencari shaf utk sholat saja, susahnya minta ampun.. Masya Allah) sewaktu ibu T sholat di depan Ka`bah ada askar wanita yang memayungi beliau.., dimudahkan mencium Hajar Aswad (Padahal Ya Allah, penuh sekali jemaah berebut utk mencium Hajar Aswad).. benar2 ibu T diberi kemudahan Allah menjalankan ibadah Umroh.. mengingat usia beliau yang sdh lanjut..

Alhamdulillah, saya diberi kemudahan juga mencium Hajar Aswad, itupun ada cerita nya..
Kira2 tinggal 30cm saya mendekati Hajar Aswad.. tinggal meraihnya saja & mencium, dalam hati saya bergumam, "Kok Hajar Aswad Kayak Tir (Bahan baku Aspal) hitam ya.." tiba2 Hajar Aswad yang tinggal sejengkal lagi bisa saya raih menjauh... Hati saya belum ikhlas kali ya... saya terseret gelombang jemaah yang sedang thawaf.... Ya Allah ampunin saya, krn saya memandang remeh batu surga MU...
Hari ke 2 saya coba lagi, tidak bisa juga, hari ke 3 saya mencoba.. terus mencoba.. hingga akhirnya ada askar yang menyuruh saya berdo`a memohon ampun (Padahal saya tidak tahu bahasanya lho.. tapi kok saya ngerti maksudnya ya...), saya berdo`a terus berdo`a memohon ampun.. Do`a terus saya panjatkan memohon ampun. Hari ke 3 itu Jemaah yang ingin ber umroh banyak sekali, sampai penuh sekeliling Ka`bah, hari itu mungkin yang paling padat.
Saya mulai Thawaf lagi... tiba2 ada jemaah wanita mungkin dari Turki, atau Syiria, yang memberi petunjuk " Hajjah.. Kiswah.. Kiswah..." saya di suruh memegang kiswah Ka`bah. Saya pegang Kiswah.. Subhanallah.. jalan seperti terbuka menuju Hajar Aswad... Saya berhasil mencium Hajar Aswad... AllahuAkbar.. Engkau Ijinkan aku mencium Hajar AswadMu ya Allah...sangat sulit mengungkapkan perasaan saya, ketika Allah mengijinkan saya mencium Hajar Aswad (diibaratkan kita meminta, terus dikabulkan.. & permintaan itu sangat sulit sekali, bagaimana itu ya mengungkapkannya). Ada kesulitan saat saya mencari jalan keluar, Masya Allah jemaahnya banyak sekali... saya terjepit.., tidak bisa bernafas krn desak2annya padat sekali.. Saya benar2 tidak bisa bergerak, terjepit diantara jemaah yang berebut ingin mendekati Hajar Aswad... Astagfirullah...saya pasrahkan... Ya Allah kalo memang saya harus mati di sini, saya Ikhlas... Tiba2 ada tangan besar yang meraih tangan saya.. saya ditarik keluar dari kerumunan jemaah, dua kali tangan itu menarik saya... Saya bisa bernafas & subhanallah sepertinya ada magnet yang menarik saya masuk ke Hijir Ismail (Katanya.. Kalo sholat di Hijir Ismail, sama seperti sholat di dalam Ka`bah), Padat & penuh sekali jemaah di situ.. saya dapat tempat paling sudut di belakang.. tidak saya sia2 kan kesempatan langka itu untuk terus bermunajat kepada sang Maha Agung...

Ketika saya kembali ke Hotel, saya bercerita kepada ke 2 ibu sekamar kejadian hari itu, tidak saya sangka ternyata ibu N, berkata, kalo dia memperhatikan saya, semenjak mulai thawaf, sampai mencium Hajar Aswad & melihat saya keluar dari kerumunan di depan Hajar Aswad tadi sendiri tanpa halangan, lancar2 saja & tidak melihat ada seseorang yang menolong saya... Jadi siapa yang menarik tangan saya tadi ya..???

2 komentar:

aliratama mengatakan...

boleh saling tukar informasi di blog kita : www.ronysuhartono.blogspot.com

3Permata mengatakan...

Ass.wr.wb. Monggo silakan pak Rony, saya akan senang bila ditambahin ilmu, jadi wawasan saya bertambah. wass.